Akhirnya, Facebook Kalahkan Google!

12939422061241550160

Usaha Facebook untuk menjadi situs yang paling banyak dikunjungi akhirnya berhasil diwujudkan di tahun 2010 ini. Setelah di tahun 2009 berhasil menjadi runner up, kini Facebook berhasil melampaui Google dalam hal Top Visited Websites di pasar Amerika Serikat. Hal ini dilansir oleh Experian Hitwise. Menurut situsnya Experian Hitwise adalah perusahaan informasi global terkemuka  yang memberikan layanan penyediaan data dan alat analisis untuk klien di lebih dari 65 negara. Perusahaan ini memiliki lebih dari 100.000 pelanggan dengan pendapatan tahunan hampir $ 4,0 miliar, Experian mempekerjakan sekitar 15.000 orang di seluruh dunia.

Menurut Hitwise, Facebook dikunjungi oleh 8,93% dari seluruh pengunjung internet antara bulan Januari 2010 sampai November 2010 di AS. Posisi kedua ditempati oleh Google yang meraih angka 7,19% dan ketiga ditempati oleh Yahoo! Mail sebesar 3,52%. Posisi Keempat dan kelima ditempati oleh Yahoo! dan You Tube. Namun bila kita kombinasikan antara Google sendiri dengan You Tube yang juga dimiliki oleh Google, posisi Facebook tetap berada di posisi kedua setelah Google.

Hitwise juga melansir search tems (kata kunci) yang paling sering dipakai untuk mencari di internet selama tahun 2010 lalu. Dan lagi-lagi kata kata facebook menempati posisi pertama. Hal ini makin menguatkan alasan mengapa Facebook menjadi situs paling banyak dikunjungi di tahun 2010. Posisi kedua ditempati oleh kata facebook login yang lagi-lagi berasosiasi dengan Facebook untuk menunjukkan login ke situs Facebook.

Apa kira-kira sebab bisa kalahnya Google oleh Facebook di tahun 2010 ini?

Sebuah kolom di CNN memberikan beberapa alasan yaitu sebagai berikut:

1. Kesatuan Identitas

Identitas yang kita gunakan untuk login ke Facebook dapat digunakan untuk login ke berbagai situs lainnya selain Facebook. Di internet saat ini  banyak sekali situs yang memberikan pilihan untuk masuk atau mendaftar dengan  memakai identitas Facebook.  Kesatuan identitas ini menjadikan Facebook sebagai database yang paling banyak menyimpan identitas saat ini, yaitu lebih dari 500 juta identitas yang sebagian besar adalah identitas resmi. Sebuah situs di bidang optimisasi sosial, Gigya bahkan mengklaim bahwa akun Facebook digunakan sebesar 46% untuk memasuki situs lainnya, bandingkan dengan Google yang hanya 17%.

2. Google Tidak Memiliki Media Sosial

Alasan yang kedua dan penting adalah karena Google memang tidak memiliki media sosial seperti Facebook. Ranah utama Google adalah mesin pencarian. Memang Google diprediksi akan melahirkan media sosial di tahun 2011 ini, yang kemungkinan dinamakan Google Buzz, namun rumor terakhir menyebutkan sepertinya usaha melahirkan media sosial versi Google ini tampaknya akan gagal di 2011 ini. Hal ini juga menunjukkan kompetensi Facebook yang memiliki kekuatan di media sosial, sebaliknya Google memiliki kelemahan di media sosial ini.

Namun perlu juga ditelaah lebih jauh, dalam mesin pencari Google masih sulit untuk ditandingi. Di tahun 2010 ini pun Google tetap merajai mesin pencari di internet. Namun sepertinya Facebook dengan database lebih dari 500 juta identitas sepertinya akan mulai menggunakan databasenya tersebut untuk menghasilkan hasil pencarian yang lebih personal. Anda sebagai pengguna Facebook dapat melihat di sisi kanan halaman Facebook anda untuk mencari teman anda, yang saya lihat sebagai usaha Facebook untuk menghasilkan pencarian yang lebih personal dibandingkan yang ditawarkan oleh Google.

CNN dalam kolomnya mengenai kemenangan Facebook terhadap Google tersebut juga mengkritisi bahwa kemenangan Facebook tersebut masih perlu dipertanyakan karena beberapa sebab.

Pertama, Hitwise dalam melakukan pendataan per situs, bukan per pemilik. Jika kita lihat Google dan You Tube masing-masing memiliki pengunjung 7,19% dan You Tube 2,65% yang jika dikombinasikan hasilnya tetap mengukuhkan Google sebagai situs yang paling banyak dikunjungi di tahun 2010 mengalahkan Facebook.

Kedua, Google memiliki keunggulan dalam mobile dan video yang tidak dimiliki oleh Facebook. Dalam statistik yang dikeluarkan oleh Hitwise, kemenangan Facebook diperoleh dari data  web. Saat ini dalam hal pemain mobile internet, Google dengan Android yang dimilikinya merupakan platform mobile internet yang paling spektakuler kemajuannya. Sementara di sisi lain Facebook tidak memiliki aplikasi untuk mengakses mobil internet seperti Google. Di bidang video atau berbagi video, Facebook tidak bisa mengalahkan Google karena Facebook tidak memiliki aplikasi atau situs seperti You Tube, di sini rajanya tetap Google, Facebook hampir-hampir bisa dikatakan tidak berkutik dalam hal ini.

Ketiga, kemenangan Facebook tetap bisa dipertanyakan karena hanya memenangi di sisi di mana Google sangat lemah yaitu media sosial. Saat ini keberhasilan perusahaan tidak hanya diukur pada satu sisi, tetapi banyak sisi. Bila kita lihat lagi sepanjang beberapa tahun terakhir, media sosial memang mengalami kemajuan yang sangat pesat sehingga menguntungkan Facebook. Namun di sisi lain Facebook hampir-hampir tidak berdaya dibandingkan Google, seperti mobile operating system, toko aplikasi dan lainnya dimana Google merajai.

Nah dari uraian di atas, secara Top Visited Websites, Facebook memang mengungguli Google, namun secara keseluruhan Google masih merupakan raja internet yang belum bisa dikalahkan.

About nugan88
Mencoba untuk selalu menjadi orang yang lebih baik dan lebih maju

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: